بسم الله الرحمن الرحيم

Jumat, 12 Juli 2013

POTRET SALAF DI BULAN YANG PALING MULIA

بسم الله الرحمن الرحيم
POTRET SALAF DI BULAN YANG PALING MULIA
Tidak samar lagi bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan. Curahan pahala Allah ta’ala sediakan pada bulan ini, ditambah dengan derasnya ampunan-Nya ta’ala menambah agungnya kedudukan bulan yang mulia ini. Tidak heran bila kaum salaf menjadikan bulan yang penuh berkah ini sebagai musim ibadah dan panen pahala. Abu Bakar al Balkhi berkata :

قال أبو بكر البلخي: شهر رجب شهر الزرع، وشهر شعبان شهر سقي الزرع، وشهر رمضان شهر حصاد الزرع
“ Bulan Rajab adalah bulan Menanam, Bulan Sya’ban adalah bulan untuk mengairi tananam, sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan Memanen (pahala)[fatawa syekh sholih al munajjid – syamilah-]
Beliau juga berkata :
وقال – أيضاً – : مثل شهر رجب كالريح ، ومثل شعبان مثل الغيم ، ومثل رمضان مثل المطر ، ومن لم يزرع ويغرس في رجب ، ولم يسق في شعبان فكيف يريد أن يحصد في رمضان .
Abu Bakr Al Balkhi juga berkata, “Bulan Rajab seperti angin, bulan Sya’ban bagaikan mendung dan bulan Ramadhan bagaikan hujan. Siapa yang tidak menanam di bulan Rajab, lalu tidak menyiram tanamannya di bulan Sya’ban, maka jangan berharap ia bisa menuai hasil di bulan Ramadhan.” [fatawa syekh sholih al munajjid – syamilah-]
LALU BAGAIMANAKAH POTRET MEREKA TATKALA RAMADHAN ?
SALAF DAN AL QUR’AN
Allah ta’ala berfirman :
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” [QS. Al-Baqarah: 185]
Dalam suatu hadits dijelaskan :
أَنَّ جِبْرِيلَ كَانَ يُعَارِضُهُ بِالْقُرْآنِ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً وَإِنَّهُ عَارَضَهُ بِهِ فِى الْعَامِ مَرَّتَيْنِ
“Sesungguhnya Jibril ‘alaihissalam biasa menyimak Al-Qur’an yang dibacakan Nabi sekali pada setiap tahunnya, (dan pada tahun wafatnya Nabi), Jibril menyimaknya dua kali.” [HR. Muslim, no.2450]
Bertolak dari dalil-dalil di atas maka para ulama salaf sangat antusias untuk mengkhatamkan al Qur’ansebagaimana yang dijelaskan dalam Siyar A’lamin Nubala’, di antaranya:
كان الأسود بن يزيد يختم القرآن في رمضان في كل ليلتين، وكان ينام بين المغرب والعشاء، وكان يختم القرآن في غير رمضان في كل ست ليالٍ
-          Dahulu Al-Aswad bin Yazid mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan setiap dua malam, beliau tidur antara Magrib dan Isya’. Sedangkan pada selain bulan Ramadhan beliau mengkhatamkan Al Qur’an selama 6 hari. [ as Siyar 4/51 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
كان سعيد بن جبير يختم القرآن في كل ليلتين
-          Said bin Zubair mangkhatamkan Al-Qur’an pada setiap 2 malam. [ as Siyar 4/325 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
كان الوليد بن عبد الملك يختم في كل ثلاثٍ، وختم في رمضان سبع عشرة ختمه
-          Al-Walid bin Abdil Malik mengkhatamkan Al-Qur’an setiap 3 malam sekali, dan mengkhatamkannya sebanyak 17 kali selama bulan Ramadhan. [ as Siyar 4/325 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]. Tahukah siapa al Walid bin Abdil Malik ? Beliau adalah salah satu kholifah Umawiyah. Apakah yang anda lakukan pada bulan ramadhan wahai para penguasa ?
قال أبي عوانة : شهدت قتادة يدرس القرآن في رمضان
-           Abu ‘Awanah berkata : Aku menyaksikan Qatadah mempelajari Al-Qur’an pada bulan Ramadhan. [ as Siyar 5/273 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
كان قتادة يختم القرآن في سبع، وإذا جاء رمضان ختم في كل ثلاثٍ، فإذا جاء العشر ختم كل ليلةٍ
-          Qatadah mengkhatamkan Al-Qur’an pada hari-hari biasa selama 7 hari, jika datang bulan Ramadhan beliau mengkhatamkannya selama 3 hari, dan pada 10 terakhir Ramadhan beliau mengkhatamkannya pada setiap malam. [ as Siyar 5/276 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
وقال الربيع بن سليمان: كان الشافعي يختم القرآن في شهر رمضان ستين ختمة وفي كل شهر ثلاثين ختمة
-           Rabi’ bin Sulaiman berkata: Dahulu Al-Imam Syafi’i mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan sebanyak 60 kali, dan pada setiap bulannya (selain Ramadhan) sebanyak 30 kali. [ as Siyar 10/36 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
كان وكيع بن الجراح يقرأ في رمضان في الليل ختمةً وثلثاً، ويصلي ثنتي عشرة من الضحى، ويصلي من الظهر إلى العصر
-           Waki’ bin Al-Jarrah membaca Al-Quran pada malam bulan Ramadhan serta mengkhatamkannya ketika itu juga dan ditambah sepertiga dari Al Qur’an, shalat 12 rakaat pada waktu dhuha, dan shalat sunnah sejak ba’da zhuhur  hingga ashar. [ as Siyar 12/109 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
كان محمد بن إسماعيل البخاري يختم في رمضان في النهار كل يوم ختمة، ويقوم بعد التراويح كل ثلاث ليالٍ بختمة
-           Al-Imam Muhammad bin Ismail Al-Bukhari mengkhatamkan Al Qur’an pada siang bulan Ramadhan setiap harinya dan setelah melakukan shalat tarawih beliau mengkhatamkannya setiap 3 malam sekali. [ as Siyar 12/439 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
وقال القاسم بن علي يصف أباه ابن عساكر صاحب (تاريخ دمشق): وكان مواظباً على صلاة الجماعة وتلاوة القرآن، يختم كل جمعة أو يختم في رمضان كل يوم، ويعتكف في المنارة الشرقية
-          Al-Qasim bin ‘Ali berkata menceritakan ayahnya Ibnu ‘Asakir (pengarang kitab Tarikh Dimasyqi): Beliau adalah seorang yang sangat rajin melakukan shalat berjama’ah dan rajin membaca Al-Qur’an, beliau mengkhatamkannya setiap Jum’at, dan mengkhatamkannya setiap hari pada bulan Ramadhan serta beri’tikaf di menara timur. [ as Siyar 20/562 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
Lalu bukankah Nabi pernah melarang untuk mengkatamkan al qur’an kurang dari tiga hari, karena dalam hadits disebutkan :
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صُمْ مِنْ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ قَالَ أُطِيقُ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ فَمَا زَالَ حَتَّى قَالَ صُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا فَقَالَ اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِي كُلِّ شَهْرٍ قَالَ إِنِّي أُطِيقُ أَكْثَرَ فَمَا زَالَ حَتَّى قَالَ فِي ثَلَاثٍ
“Dari Abdullah bin Amr – radiyAllah ta’alau ‘anhuma- dari Nabi salAllah ta’alau’alaihi wassalam, Beliau berkata kepadanya: “Puasalah setiap bulannya 3 hari !”, dia (Abdullah bin Amr) berkata : "Aku sanggup lebih banyak dari itu". Dia terus saja mengatakan kemampuannya itu hingga akhirnya Beliau berkata: "Kalau begitu puasalah sehari dan bebukalah sehari." Beliau bersabda lagi : “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur'an dalam sebulan". Dia (Abdullah bin Amr) berkata: "Aku sanggup lebih banyak dari itu". Dia terus saja mengatakan kemampuannya itu hingga akhirnya Beliau berkata: "Kalau begitu kamu khatamkan dalam tiga hari." [HR. Bukhari, no.1978]
Berkaitan dengan ini Ibnu Rajab al hanbali berkata :
قال ابن رجب الحنبلي : وإنما ورد النهي عن قراءة القرآن في أقل من ثلاث على المداومة على ذلك فأما في الأوقات المفضلة كشهر رمضان خصوصا الليالي التي يطلب فيها ليلة القدر أو في الأماكن المفضلة كمكة لمن دخلها من غير أهلها فيستحب الإكثار فيها من تلاوة القرآن اغتنام للزمان والمكان وهذا قول أحمد وإسحاق وغيرهما من الأمة وعليه يدل عمل غيرهم . لطائف المعارف
Ibnu Rajab Al-Hanbali berkata: Bahwasanya larangan mengkhatamkan Al-Quran kurang dari tiga hari itu adalah apabila dilakukan secara terus menerus. Adapun pada waktu-waktu yang terdapat keutamaan padanya seperti bulan Ramadhan terutama pada malam-malam yang dicari/diburu padanya lailatul qadr atau pada tempat-tempat yang memiliki keutamaan seperti Makkah bagi siapa saja yang memasukinya selain penduduk negeri itu, maka disukainya untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an, dalam rangka memanfaatkan (keutamaan) waktu dan tempat tersebut. Ini adalah pendapat Ahmad, Ishaq, dan selainnya dari kalangan ulama’ . [Latha’iful Ma’arif 183 – syamilah-]
ULAMA SALAF DAN SHOLAT MALAM
Selain memaksimalkan ibadah membaca al Qur’an dalam bulan ramadhan mereka juga berusaha memaksimalkan usaha untuk sholat terawih berikut beberapa contohnya :

أَمَرَ عمرُ بنُ الخطابِ أُبَيَّ بنَ كعبٍ وتميمًا الدَّارِيَّ أن يَقوما للناسِ إحدَى عشرةَ ركعةً قال وقد كان القارئُ يقرأُ بالمئيْنِ حتى كنَّا نعتمدُ على العَصِيِّ من طُولِ القيامِ وما كنَّا ننصرفُ إلا في فُروعِ الفجرِ
Umar bin Al Khaththab radhiyAllah ta’alau ‘anhu memerintahkan Ubay bin Ka’ab dan Tamim Ad-Dari radhiyAllah ta’alau ‘anhuma mengimami manusia pada malam Ramadhan (dalam shalat tarawih). Kemudian sang imam membaca surat-surat mi’in (surat yang ayatnya lebih 100), hingga kami bersandar kepada tongkat-tongkat karena lamanya berdiri, tidaklah kami selesai dari shalat kecuali telah mendekati waktu shubuh. [Hadits shohih lihat Irwail Gholil 2/192]
‘Abdurrahman bin Hurmuz, dia berkata
فَكَانَ الْقَارِئُ يَقُومُ بِسُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى ثَمَانِ رَكَعَاتٍ ، وَإِذَا قَامَ بِهَا فِى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً رَأَى النَّاسُ أَنَّهُ قَدْ خَفَّفَ
Dahulu qari’ (imam tarawih) membaca surat Al-Baqarah dalam 8 raka’at. Maka ketika para qari’ (para imam tarawih) membacanya dalam 12 raka’at, orang-orang melihat bahwa para imam tersebut telah meringankan bacaan untuk mereka. [HR. Al Baihaqi,no.4809 –syamilah-]
وعن نافع بن عمر بن عبد الله قال: سمعت ابن أبي ملكية يقول: كنت أقوم بالناس في شهر رمضان فأقرأ في الركعة الحمد لله فاطر ونحوها، وما يبلغني أنّ أحداً يسثقل ذلك . أخرجه ابن أبي شيبة
Dari Nafi’ bin ‘Umar bin Abdillah, dia berkata: aku mendengar Ibnu Abi Mulaikah berkata: Dahulu aku pernah mengimami manusia pada bulan Ramadhan, aku membaca pada suatu raka’at surat Alhamdulillahi Fathir (surat Fathir) dan yang semisalnya. Tidak sampai kepadaku bahwa ada seorang pun yang merasa keberatan dengannya. [HR. Ibnu Abi Syaibah,no.7674– syamilah-]
وعن عمران بن حُدير قال: كان أبو مجلز يقوم بالحي في رمضان يختم في كل سبع. أخرجه ابن أبي شيبة
Dari ‘Imran bin Hudair, dia berkata: Dahulu Abu Mijlaz tinggal di sebuah perkampungan, pada bulan Ramadhan, beliau mengkhatamkan Al-Qur’an setiap tujuh hari. [HR. Ibnu Abi Syaibah,no.7677 – syamilah-]
وعن عبد الصمد قال حدثنا أبو الأشهب قال: كان أبو رجاء يختم بنا في قيام رمضان لكل عشرة أيام
Dari Abdush Shamad, dia berkata: Abul Asyhab telah memberitakan kepadaku, dia berkata: Dahulu Abu Raja’ mengkhatamkan Al Qur’an ketika mengimami kami pada sholat malam bulan Ramadhan setiap sepuluh hari. [Hilyatul auliya’ 2/306]
Sungguh kisah yang sangat menakjubkan, bagaimana mereka bisa melakukan sholat sedemikian panjangnya. Apa rahasianya ? dimanakah kita dibandingkan dengan mereka
‘ULAMA SALAF DAN SIFAT PEMURAH SERTA DERMAWAN DI BULAN RAMADHAN
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: « كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير، وكان أجود ما يكون في شهر رمضان، إنّ جبريل عليه السلام كان يلقاه في كل سنة في رمضان حتى ينسلخ فيعرض عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم القرآن، فإذا لقيه جبريل كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود بالخير من الريح المرسلة » متفق عليه
Dahulu Nabi shallAllah ta’alau ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling pemurah dalam memberikan kebaikan, dan sifat pemurah beliau yang paling besar adalah ketika Ramadhan. Sesungguhnya Jibril biasa berjumpa dengan beliau, dan Jibril ‘alaihis salam senantiasa menjumpai beliau setiap malam bulan Ramadhan sampai selesai (habis bulan Ramadhan), Nabi shallAllah ta’alau ‘alaihi wasallam membacakan padanya Al Qur’an. Ketika berjumpa dengan Jibril’ alaihissalam, beliau sangat dermawan kepada kebaikan daripada angin yang berhembus.”[HR. Muslim,no.2308]
وقال ابن رجب: قال الشافعي رضي الله عنه: أحب للرجل الزيادة بالجود في شهر رمضان اقتداءً برسول الله صلى الله عليه وسلم، ولحاجة الناس فيه إلى مصالحهم، ولتشاغل كثيرٍ منهم بالصَّوم والصلاة عن مكاسبهم
Ibnu Rajab berkata : Asy-Syafi’i radhiyAllah ta’alau ‘anhu berkata: Yang paling dicintai bagi seseorang adalah semakin bertambah kedermawanannya pada bulan Ramadhan dalam rangka meneladani Rasulullah shallAllah ta’alau ‘alaihi wasallam, dan karena kebutuhan manusia agar tercukupi keperluan-keperluan mereka, serta agar mereka tersibukkan dengan ibadah puasa dan shalat dari pekerjaan mereka. [Lathoif ma’arif hal 315]
كان ابن عمر رضي لله عنهما يصوم ولا يفطر إلاَّ مع المساكين، فإذا منعهم أهله عنه لم يتعشَّ تلك الليلة، وكان إذا جاءه سائل وهو على طعامه أخذ نصيبه من الطعام وقام فأعطاه السائل فيرجع وقد أكل أهله ما بقي في الجِفْنَةِ، فيصبح صائماً ولم يأكل شيئاً.
Adalah Ibnu ‘Umar radhiyAllah ta’alau ‘anhuma berpuasa dan tidak berbuka kecuali bersama orang-orang miskin, namun jika keluarganya menghalangi mereka darinya, maka ia tidak makan pada malam itu. Jika ada seorang peminta datang kepada beliau dalam keadaan beliau sedang makan, beliau mengambil bagiannya dan memberikan kepada si peminta tersebut, lalu beliau pun kembali dan ternyata keluarganya telah memakan apa yang tersisa di mangkuk tempat makanan. Maka beliau berpuasa pada pagi harinya dan tidak memakan sesuatu apapun.” [Lathoif ma’arif hal 314]
يقول يونس بن يزيد: كان ابن شهاب إذا دخل رمضان فإنما هو تلاوة القرآن وإطعام الطعام
Yunus bin Yazid berkata: Dahulu Al-Imam Ibnu Syihab rahimahullah jika memasuki bulan Ramadhan, beliau isi bulan tersebut dengan membaca Al-Quran dan memberi makan. [At Tamhid 6/111]
كان حماد بن أبي سليمان يفطِّر في شهر رمضان خمس مائة إنسان، وإنه كان يعطيهم بعد العيد لكل واحد مائة درهم
Adalah Hammad bin Abi Salamah rahimahullah memberi jamuan berbuka pada bulan Ramadhan kepada 500 orang dan setelah ‘idul fithri beliau memberi masing-masing mereka dengan 100 dirham.” [ as Siyar 5/234 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
SEDIKIT MAKAN
Kebanyakan dari kita memperbanyak makan tatkala berbuka. Hal tersebut sering kita lakukan, karena kita meresa pada saat berbuka adalah saat balas dendam untuk makan, setelah seharian kita tertahan dari makanan. Maka kita dapati pada sore hari masyarakat kita telah jauh-jauh sebelum datang waktu berbuka telah menyiapkan berbagai macam hidangan yang lezat untuk disantab. Berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kaum salaf, bulan ramadhan mereka jadikan ladang ibadah bukan untuk memperbanyak makan. Abul Abbas Hasyim al Qosim berkata :
وقال أبو العباس هاشم بن القاسم: كنت عند المهتدي عشيَّةً في رمضان فقمت لأنصرف فقال: اجلس، فجلست، فصلى بنا، ودعا بالطعام فأحضر طبقَ خِلافٍ عليه أرغفةٌ وآنية فيها ملحٌ وزيتٌ وخلٌّ فدعاني إلى الأكل فأكلت أكل من ينتظر الطبيخ فقال: ألم تكن صائماً ؟ قلت: بلى، قال: فكل واستوفِ فليس هنا غير ما ترى
Abul ‘Abbas Hasyim bin Al-Qasim berkata : Dahulu aku pernah di sisi Al-Muhtadi (salah satu khalifah Bani ‘Abbas) pada sore hari di bulan Ramadhan, kemudian aku berdiri untuk pergi, maka dia (Al Muhtadi) berkata: duduklah. Maka aku pun duduk, kemudian dia mengimami shalat. Setelah itu dia meminta untuk dihidangkan makanan, maka dihidangkanlah kepada dia satu nampan yang di dalamnya terdapat roti dan tempat yang yang berisi garam, minyak, dan cuka. Kemudian dia mengundangku untuk makan, maka aku pun makan layaknya orang yang menunggu hidangan makanan yang lain. Dia berkata: bukankah besok engkau masih berpuasa? Aku katakan: tentu. Dia berkata: makanlah dan cukupkan makanmu karena tidak ada makanan yang lain selain apa yang kamu lihat ini. [ as Siyar 12/536 – cet. Muassasah ar risalah beirut libanon]
Tahukah anda siapa al Muhtadiy ini ? Beliau adalah salah satu khalifah abasiyah. Bandingkan dengan kita yang banyak makan pada zaman sekarang ini
MENJAGA LISAN, SEDIKIT BICARA, MENJAGA DIRI DARI DUSTA
1.       Dari Abu Hurairah radhiyAllah ta’alau ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallAllah ta’alau ‘alaihi wasallam bersabda
مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ
“ Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan yang haram dan melakukan perbuatan haram, maka Allah ta’ala tidak butuh kepada jerih payahnya meninggalkan makan dan minumnya.” [HR. Bukhari, no.1903]
Al-Muhallab berkata:
قال المهلب : فيه دليل أن حكم الصيام الإمساك عن الرفث وقول الزور ، كما يمسك عن الطعام والشراب ، وإن لم يمسك عن ذلك فقد تنقص صيامه وتعرض لسخط ربه وترك قبوله منه
“Dalam hadits tersebut terdapat dalil bahwa hukum puasa itu adalah menahan diri dari perbuatan keji dan perkataan dusta sebagaimana dia menahan diri dari makan dan minum. Barangsiapa yang tidak menahan dirinya dari perkara-perkara tersebut, maka sungguh hal itu akan mengurangi nilai puasanya, menyebabkan murka Allah ta’ala dan tidak diterimanya puasa dia.” [Syarah Shohi Al Bukhori Ibnu Batthol 4/23 – syamilah-]
2.        Rasulullah shallAllah ta’alau ‘alaihi wasallam bersabda :
إذا أصبح أحدكم يوماً صائماً فلا يرفث ولا يجهل فإن امرؤٌ شاتمه أو قاتله فليقل: إني صائمٌ إني صائمٌ
“Jika pada suatu hari salah seorang dari kalian berpuasa, maka janganlah berbuat keji ataupun bertindak jahil, jika ada seseorang yang mencelanya atau memusuhinya, maka katakanlah: aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa. [HR. Muslim, no. 1151]
3.       ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyAllah ta’alau ‘anhu berkata :
ليس الصيام من الطعام والشراب وحده ولكنه من الكذب والباطل واللغو والحلف
“Bukanlah puasa itu sebatas menahan diri dari makan dan minum saja, akan tetapi puasa itu menahan diri dari perkataan dusta, perbuatan bathil, sia-sia, dan sumpah yang tidak ada gunanya.[(HR. Ibnu Abi Syaibah 2/272 – syamilah-]

4.       Dari ‘Ali bin Abi Thalib radhiyAllah ta’alau ‘anhu, dia berkata :
إنّ الصيام ليس من الطعام والشراب ولكن من الكذب والباطل واللغو
Sesungguhnya puasa itu tidaklah sebatas menahan diri dari makan dan minum saja, akan tetapi puasa itu menahan diri dari perkataan dusta, perbuatan batil dan sia-sia.[HR. Ibnu Abi Syaibah, no. 8884 –syamilah-
5.       Dari Thalq bin Qais, dia berkata: Abu Dzarr radhiyAllah ta’alau ‘anhu berkata :
إذا صمت فتحفظ ما استطعت
Jika kamu berpuasa, maka jagalah dirimu semaksimal kemampuanmu.
Adalah Thalq ketika berpuasa, dia masuk rumahnya dan tidak pernah keluar kecuali untuk mengerjakan shalat. [HR. Ibnu Abi Syaibah, no. 8878-syamilah-]
MENJAGA WAKTU
Lihatlah betapa waktu pada bulan ramadhan sangat bernilai bagi kaum salaf. Mereka maksimalkan waktu-waktu mereka untuk beribadah dan beramalal sholeh. Berbeda sekali dengan kita justru sebaliknya. Kita gunakan waktu bulan ramadhan nihil dari ibadah bahkan – naudzu billah – mungkin malah bermaksiat kepada-Nya. Renungkanlah bebrerapa mutiara salaf berikut :
قال الحسن البصري : يا ابن آدم! إنما أنت أيام إذا ذهب يوم ذهب بعضك
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata : Wahai anak Adam! Sesungguhnya kamu itu adalah seperti hari-hari, jika satu hari telah pergi, maka telah hilanglah sebagian dari dirimu.
وقال : يا ابن آدم! نهارك ضيفك فأحسِن إليه، فإنك إن أحسنت إليه ارتحل بحمدك، وإن أسأت إليه ارتحل بذمِّك، وكذلك ليلتك
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah juga berkata : Wahai anak Adam! Waktu siangmu adalah tamumu, maka berbuat baiklah kepadanya, karena sesungguhnya jika kamu berbuat baik kepadanya, dia akan pergi dengan memujimu, dan jika kamu bersikap jelek padanya, maka dia akan pergi dalam keadaan mencelamu, demikian juga waktu malammu.
وقال : الدنيا ثلاثة أيام : أما الأمس فقد ذهب بما فيه وأما غداً فلعلّك لا تدركه وأما اليوم فلك فاعمل فيه
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah juga berkata : Dunia itu ada tiga macam hari: (1) Adapun kemarin, maka dia telah pergi dengan amalan-amalan yang kamu lakukan padanya, (2) adapun besok, mungkin saja kamu tidak akan menjumpainya lagi, (3) dan adapun hari ini, maka ini untukmu, maka beramAllah ta’ala pada saat itu juga.
وقال ابن مسعود : ما ندمت على شيء ندمي على يوم غربت شمسه نقص فيه أجلي ولم يزدد فيه عملي
Ibnu Mas’ud radhiyAllah ta’alau ‘anhu berkata: Tidaklah aku menyesal terhadap sesuatu sebagaimana menyesalku ketika pada hari yang matahari telah tenggelam sementara umurku berkurang padahal amalanku tidak bertambah pada hari itu.
وقال ابن القيم : إضاعة الوقت أشد من الموت لأن إضاعة الوقت تقطعك عن الله والدار الآخرة والموت يقطعك عن الدنيا وأهلها
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: Menyia-nyiakan waktu itu lebih buruk daripada kematian, karena menyia-nyiakan waktu itu memutuskan kamu dari Allah ta’ala dan negeri akhirat, sementara kematian itu memutuskan kamu dari dunia dan penghuninya.
وقال السري بن المفلس : إن اغتممت بما ينقص من مالك فابكِ على ما ينقص من عمرك
As-Suri bin Al-Muflis rahimahullah berkata: Jika kamu merasa sedih karena hartamu berkurang, maka menangislah karena berkurangnya umurmu.
[al wakt wa ahammiyyatuhu fi khayati al muslim hal 163 –syamilah-]
PENUTUP
Saudaraku walaupun mereka telah bersungguh-sungguh dalam bulan tersebut ternyata mereka tidak takabur, tidak merasa telah melakukan banyak hal, tidak merasa amalannya telah banyak, justru sebaliknya mereka kuatir bila amalan mereka tidak diterima Allah ta’ala. Abdul Aziz bin Abi Dawud berkata :
وقال عبدالعزيز بن أبي داود : أدركتهم يجتهدون في العمل الصالح فإذا فعلوه وقع عليهم الهم : أيقبل منهم أم لا ؟
“ Aku mendapati para salaf mereka bersungguh-sungguh dalam beramal sholih, dan jika mereka telah melakukannya mereka merasa kuatir, apakah amalan mereka diterima ataukah tidak ? “ [al Qowaid al khisan fi as Rori at tho’ah wa al isti’dad 107 –syamilah-]
Saudaraku lihat diri kita, tengok amalan kita. Jauh sekali dari apa yang telah mereka perbuat, namun kita merasa Allah ta’ala telah mengampuni dosa-dosa kita, Allah ta’ala telah menerima semua yang kita kerjakan, Allah ta’ala melipat gandakan pahala-pahala amalan kita. Pertanyaannya apakah anda dan saya tahu diterimakah amalan-amalan kita ?
Kendati demikian tidak boleh kita kendor beribadah. Karena bila kita telah memaksimalkan daya dan upaya serta usaha dalam ibadah, maka pertanyaan yang muncul apakah amlan kita di terima ? jawabannyanya jelas bisa iya bisa tidak, dan kita berharab dan berdo’a agar amalan kita diterima Allah ta’ala. Berbeda bila kita tidak berusaha untuk beramal sholeh, maka kalimat yang muncul adalah tidak ada pahala yang kita dapatkan, alias kita menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Muhammad bin Aslam at Thusiy Salah berkata :
ترجو النَجاةَ ولم تَسْلُكْ مسَالِكَها . . . إن السفينةَ لا تجرِي على يَبَس
“ Bagaimana bisa engkau mengharap keselamatan tanpa menempuh sebab-sebabnya, sesungguhnya bahtera itu tidak berjalan di daratan kering.” [-syamilah-]
Lebih parah lagi bila pada bulan suci ini justru kita bermaksiat kepada-Nya maka yang muncul adalah kita memperoleh dosa dan dosa tersebut mengurangi pahala puasa puasa kita bahkan bisa menghapus pahala puasa kita alias kita hanya dapat haus dan lapar saja. Bukankah nabi bersabda :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ وَرُبَّ قَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ قِيَامِهِ السَّهَرُ ».
Artinya: “Abu Hurairah radhiyAllah ta’alau ‘anhu berkata: “Rasulullah shallAllah ta’alau ‘alaihi wasallam bersabda: “Berapa banyak seorang yang berpuasa bagiannya dari puasanya hanya lapar dan dahaga, dan berapa banyak seorang yang beribadah di malam bagiannya dari puasanya hanya begadang.” [Shohi al Musnad, no. 1385
Allah ta’alau a’lam bisshowwab
Ibnu Ram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar