بسم الله الرحمن الرحيم

Sabtu, 20 Maret 2010

KIAMAT KIAN DEKAT

KIAMAT KIAN DEKAT

Segala puji hanya milik Alloh yang telah menciptakan langit, bumi dan segala sesuatu yang ada pada keduanya. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad, keluarganya, sahabat-sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik sampai akhir zaman.
Alloh telah berfirman dalam al-Qur'an al-karim;
إِنَّ اللهَ عِندَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَافِي اْلأَرْحَامِ وَمَاتَدْرِي نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَاتَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman; 34).
Kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012. Demikianlah isu yang berkembang yang diyakini akhir-akhir ini. Sebenarnya isu ini sudah muncul sejak dua tahun yang lalu, isu ini kembali mencuat setelah film yang menceritakan ramalan tentang kiamat booming di pasaran. Mereka yang mempercayai berdasarkan kepercayaan mereka pada kalender yang dibuat oleh suku maya, yang ditemukan dalam reruntuhan di meksiko. Masyarakat maya kuno yang katanya maju dibidang ilmu matematika dan astronominya, mengikuti "perhitungan panjang" kalender yang mencapai 5126 tahun, ketika peta astronomi mereka dipindahkan kekalender Gregorian (kalender masehi) yang digunakan secara standar sekarang, waktu penghitungan bangsa maya berhenti pada 21 Desember 2012.
Mereka yang percaya juga mengatakan ada hubungan lain selain antara kalender maya dan kehancuran yang akan datang. Katanya, matahari akan terhubung lurus dengan pusat tatasurya pertama kali sejak 26.000 tahun yang lalu, yang menandai puncak musim dingin. Beberapa orang mengatakan, hal ini akan mempengaruhi aliran energy ke bumi, atau karena adanya sunspot dan sunflare yang jumlahnya membengkak, menyebabkan adanya efek terhadap medan magnet bumi.
Tukang ramal Indonesia, mama lauren pun angkat bicara disebuah setasiun televisi, bahwa para normal tidak bisa menembus tahun 2013 (hanya sampai di tahun 2012). Apakah betul kiamat 2012? Apakah ada yang tahu kapan terjadinya kiamat?

INGAT KIAMAT PASTI TERJADI
Keimanan pada hari kiamat adalah diantara pokok ajaran islam, bahkan termasuk dari rukun iman. Keimanan seseorang baru sempurna jika ia meyakini adanya hari kiamat. Dan didalam al-Qur'an Alloh mengkhabarkan bahwa hari kiamat benar-benar akan datang, dalam firman-Nya;
إِنَّ السَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ أَكَادُ أُخْفِيهَا لِتُجْزَى كُلُّ نَفْسٍ بِمَا تَسْعَى
Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan. ( QS. Thohaa; 15).

HANCURNYA DUNIA MEMANG SUDAH DEKAT
Alloh telah menyebutkan dalam al-Qur'an bahwa kiamat sudah dekat dan diantara tanda-tanda dekatnya hari kiamat sudah muncul, diantaranya adalah terbelahnya bulan di zaman Nabi. Alloh telah berfirman;
اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانشَقَّ الْقَمَرُ
Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan. (QS. Al-Qomar;1).
Begitu pula dengan diutusnya Nabi Muhammad adalah diantara tanda-tanda semakin dekatnya kiamat. Karena didalam hadits Beliau sendiri yang mengatakan bahwa jarak antara pengutusan beliau dan hari kiamat adalah bagaikan dua jari yaitu jari tengah dan jari telunjuk. Dalam hadist yang berbunyi;
" jarak antara aku diutus dengan datangnya hari kiamat adalah bagaikan dua jari ini" (HR.Bukhori;6504 dan muslim; 2951, dari Anas bin Malik).
Ibnu Abbas mengatakan; "diutusnya Nabi Muhammad adalah diantara tanda-tanda kiamat,. Tatkala Jibril Alaihissalam melewati penduduk langit untuk diutus kepada nabi, penduduk langitpun mengatakan Allohu Akbar, sebentar lagi akan kiamat.(Ma'alimut Tanzil,al-Hasan bin Mas'ud al-Bagowi:4/8, Dar Thoyyibah,cetakan keempat,1417 H).
MAKNA KIAMAT SUDAH DEKAT
Mungkin ada yang menanyakan bagaimana bisa dikatakan bahwa kiamat itu sudah dekat, sedangkan sudah seribu tahun lebih sejak Nabi Muhammad di utus kiamatpun belum terjadi? Ingatlah bahwa dikatakan dekat berdasarkan ilmu dan ketentuan Alloh walaupun manusia menganggapnya jauh. Alloh telah berfirman;

إِنَّهُمْ يَرَوْنَهُ بَعِيدًا {6} وَنَراهُ قَرِيبًا {7}
Sesungguhnya mereka memandang siksaan itu jauh (mustahi)6, Sedangkan kami memandangnya dekat (pasti terjadi)7. (QS. Al- Ma'arij;6&7).
Dan kiamat dikatakan dekat karena dilihat dari lamanya kehidupan sebelum umat Nabi Muhammad itu ada . Nabi bersabda;
"sesungguhnya ajal kalian –umat islam- (dengan datangnya hari kiamat,pen.)jika dibandingkan waktu yang ditempuh oleh umat-umat sebelum kalian adalah bagaikan jarak antara sholat 'Ashar dan waktu magrib –saat tenggelam matahari-. (HR.Bukhori: 3459, dari Ibnu 'Umar).
Di hadits yang lain Nabi mengisyaratkan jarak waktu umat ini dengan hari kiamat bagaikan sabda beliau;
"Jarak antara aku diutus dengan datangnya hari kiamat adalah bagaikan dua jari ini" (HR. Bukhori; 6504 dan Muslim; 2951, dari Anas bin Malik).
Beliaupun berisyarat dengan jari tengah dan jari telunjuk.
Sebagai gambaranya, jari tengah itu adalah umur kehidupan di dunia ini hingga hari kiamat. Sedangkan jari telunjuk lamanya waktu mulai dunia ini ada hingga pengutusan Nabi Muhammad. Adapun pengutusan Nabi Muhammad dengan hari kiamat adalah selisih antara jari tengah dan jari telunjuk. Bandingkanlah umur dunia ini hingga Nabi kita diutus dengan masa setelah Nabi kita diutus hingga hari kiamat! Jika kita bandingkan, waktu terjadinya kiamat itu sangatlah dekat dengan umat Muhammad. (lihat keterangan Dr. 'Umar sulaiman al-Asyqor dalam kitab beliau al-yaumul akhir; al-Qiyamah ash-Shugro, hlm. 115-117, terbitan darun Nafais, cetakan keempat, 1411 H).
NABI TIDAK TAHU KAPAN DATANGNYA HARI KIAMAT
Rosululloh pernah ditanya oleh malaikat jibril yang datang dalam wujud manusia, Beliau ditanya mengenai kapan hari kiamat akan terjadi. Lantas beliau menjawab;
"Orang yang ditanya tidak lebih tau dari yang bertanya". (HR.Bukhori; 50, Muslim; 9,10).
Sungguh sangat mengherankan yang terjadi saat ini, beberapa kelompok atau tukang ramal mengaku mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Rosululloh saja tidak mengetahui terjadinya hari kiamat, padahal beliau adalah orang yang paling dekat dengan Alloh. Begitu pula Malaikat Jibril selaku penyampai wahyu dari Alloh juga tidak mengetahui kapan terjadinya hari kiamat.
Jika nabi dan malaikat yang paling mulia saja tidak mengetahui kapan terjadinya kiamat, maka sudah sepantasnya orang selain keduanya tidak mengetahui hal tersebut.
Perlu ditegaskan pula bahwa waktu terjadinya hari kiamat adalah perkara yang ghoib dan menjadi kekhususan Alloh. Sehingga sungguh sangat dusta jika beberapa paranormal bisa menentukan waktu tersebut, baik mama lauren, suku maya di meksiko ataupun yang lainnya. Ingatlah, hanya Alloh yang mengetahui terjadinya hari kiamat;


يَسْئَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللهِ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah". Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya. (al-Ahzab;63).
Ayat diatas menunjukkan dengan jelas bahwa tidak ada satupun makluk yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Alloh.
KIAMAT DATANG DENGAN TANDA-TANDA
Dunia hancur begitu saja tanpa ada tanda-tanda kiamat terlebih dahulu. Itulah yang diangkat dalam ramalan dan film yang sedang booming (melejit) saat ini. Dalam film tersebut digambarkan bahwa inti dari kulit bumi mengalami kenaikan suhu sebagai efek yang diakibatkan oleh sebuah ledakan besar dipermukaan matahari (sun flare). Menurut perhitungan para ahli, dampak ledakan itu membuat gerakan pada inti bumi. Akibatnya, lempengan bumi yang selama ini menopang daratan di bumi bakal patah dan akan mengakibatkan gempa bumi yang sangat dahsyat.
Dari penelitian dan penemuan semacam inilah dikatakan bahwa kiamat akan tiba. Itulah kejadian kiamat yang akan digambarkan orang-orang kafir. Padahal sebelum terjadi kiamat terdapat tanda-tanda yang besar seperti yang disebutkan dalam hadits Hudzaifah bin Asid al-Ghifari, jika tanda ini muncul maka kiamat akan segera terjadi;
"Nabi memperhatikan kami ketika berbincang-bincang. Beliau berkata: apa yang sedang kalian bincangkan? Kami menjawab: kami sedang berbincang-bincang tentang hari kiamat. Beliau berkata: tidak akan terjadi kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda. Beliau menyebutkan; 1) Dhukon (asap), 2) Dajjal, 3) Dabah (binatang besar), 4) Terbitnya matahari dari barat, 5) Turunnya 'Isa, 6) Keluarnya Ya'juj dan ma'juj, 7,8,9) Terjadinya gerhana yaitu di timur, barat dan di Jazirah arab, yang terakhir adalah 10) keluarnya api dari yaman yang menggiring manusia ketempat berkumpulnya mereka". (HR. Muslim; 2901).
Nabi 'Isa sendiri turun ke muka bumi dan beliau akan tinggal selama 40 tahun (HR. Ahmad. Syu'aib al-arnauth mengatakan bahwa sanad hadist ini shohih). Nabi 'Isa akan membunuh dajal (HR>Muslim; 2940). Dan Ia menghancurkan salib dan membunuh babi (HR. Bukhori; 2222, Muslim; 155). Tanda kiamat yang disebutkan dalam hadist lainnya adalah datangnya Imam Mahdi dan beliau akan berkuasa selama 7 atau 8 tahun (riwayat ini dikatakan shohih oleh al-albany dalam silsilah ash-shohihah al- mukhtashoroh: 711). Lalu bagaimana mungkin dunia bisa hancur tahun 2012, sedangkan tanda-tanda kubro yang di isyaratkan oleh nabi ini saja belum satupun yang muncul!
BANTAHAN NASA TERHADAP ISU KIAMAT 2012
Isu kiamat 2012 menyebutkan bahwa akhir zaman ini disebabkan oleh tabrakan antara planet X atau Nibiru dengan bumi. Peristiwa ini konon akan menciptakan bencana maha dahsyat.
Beberapa situs internet bahkan mencatut lembaga antariksa amerika serikat (NASA). Dikatakan bahwa NASA sebenarnya mengetahui tentang planet tersebut, tetapi merahasiakannya dengan berbagai alasan. Dan akhirnya kini NASA angkat bicara dan menyatakan semua cerita terkait kiamat 2012 sebagai 'hoax internet' (bualan di dunia maya). "There is no factual basis for these claims" (tidak ada dasar factual dalam klaim tersebut), demikian pernyataan khusus NASA di website resminya.
Lebih lanjut pernyataan NASA; "If nirbiru or planet X were real and headed for an encounter with the eart in 2012, astronomers would have been tracking it for at least the past decade, and it would be visible by now to the naked eye. Obviously, it does not exist (Jika Nibiru atau planet X memang ada dan tengah akan menuju bumi pada tahun 2012, maka para astronom pasti sudah akan mengetahuinya setidaknya pada satu decade terakhir. Dan planet itu seharusnya bisa terlihat oleh mata telanjang saat ini. Namun ternyata sampai saat ini planet itu belum juga terlihat).
Soal ramalan badai matahari besar pada 2012, NASA mengungkapkan bahwa setiap 11 tahun ada badai matahari besar dan kadang menyebabkan kerja satelit terganggu. Tapi satelit sekarang sudah sanggup menghadapi badai matahari. Yang jelas , ungkap NASA: "Tidak ada resiko khusus terkait 2012".(lihat di website resmi NASA, link: http://www.nasa.gov/topics/earth/features/2012.html).
KENAPA ALLOH MENYEMBUNYIKAN KAPAN TERJADINYA KIAMAT?
Diantara alasanya adalah:
1. Agar kiamat masih tetap menjadi perkara goib. Seandainya kiamat disebutkan kapan terjadinya, maka perkara tersebut bukan hal yang goib lagi dan perbedaan orang yang beriman dengan orang kafir adalah percaya kepada hal yang goib. Alloh berfirman:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُم يُنْفِقُونَ

(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka),QS.Al-Baqoroh;3).
2. Agar manusia tidak mengulur-ngulur waktu untuk beriman dan beramal sholih, karena apabila diberi tahu kapan terjadinya kiamat maka manusia akan menunda waktu beramal sholih menunggu dekat dengan hari kiamat baru melakukan ketaatan kepada Alloh. Oleh karena itu janganlah menunda-nunda waktu selama masih diberi kehidupan dan janganlah terlalu panjang angan-angan. Ibnu 'Umar mengatakan;
"apabila engkau berada pada waktu sore hari,janganlah menunggu waktu pagi. Apabila engkau berada diwaktu pagi,janganlah menunggu waktu sore. Ambillah masa sehatmu sebelum sakitmu dan hidupmu sebelum dating matimu.(HR. Bukhori: 6416).
Semoga alloh senantiasa member taufiq kepada kita untuk mempersiapkan diri menghadapi hari kebangkitan dan menghadapi kematian yang setiap kita pasti menemuinya. Segala puji bagi Alloh yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.
Dirangkum dari majalah al-Furqon edisi 6 th ke-9/ muharrom 1431 (des 09/jan10).
ِAbdulloh EYB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar