بسم الله الرحمن الرحيم

Rabu, 08 Mei 2013

Bakti Seorang Imam


Abu yusuf –murid senior abu hanifah – menceritakan
: Dahulu abu hanifah biasa membawa ibunya di atas keledainya menuju majlis Umar bin Dzarrin, - hal tersebut beliau lakukan -  karena beliau enggan menolak permintaan ibunya . Abu Hanifah berkata : “ Terkadang aku membawa ibuku langsung ke majlisnya dan terkadang ia memerintahkanku untuk pergi sendirian ke sana, agar aku bertanya kepadanya  tentang suatu masalah, maka aku mendatanginya dan aku berkata kepadanya : “ Ibuku memerintahkanku untuk bertanya kepadamu tentang suatu masalah. Ia menjawab : “Anda bertanya kepadaku tentang masalah tersebut ? “(padahal anda lebih berilmu dari saya) . Akupun menjawab : “ Ibuku yang menyuruhku !” Ia kembali berkata : “ (Jika demikian) katakanlah kepadaku bagaimana jawabannya sehingga aku akan menjawabnya dengan jawaban anda ! Maka akupun menjawab pertanyaan tadi lalu iapun memberitahuku dengan jawaban yang aku berikan kepadanya tadi. Lalu akupun mendatangi ibuku dan memberitahunya dengan jawaban Umar bin Dzar. [al Aimmah al arba’ah hal 18 -19]
Alloh Berfirman :

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
 “Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya” (QS. Al Isro’: 23).
Semoga Alloh merahmat Abu Hanifah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar